-->

Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya - Tentu menjadi suatu hal yang sangat mengecewakan jika kita sering mengalami penolakan lamaran kerja yang secara susah payah telah kita buat. Banyak sekali orang-orang yang sangat menginginkan mendapat pekerjaan tetap dengan harapan dari pekerjaan tersebut bisa mencukupi kebutuhan hidup yang kian hari semakin tinggi.

Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya
Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya

Jika kamu termasuk salah satu orang yang sering mengalami penolakan dalam melamar pekerjaan diberbagai instansi atau perusahaan padahal kamu sangat menginginkan pekerjaan tersebut, maka tidak ada salahnya jika kamu membaca artikel ini sampai habis.

Pada artikel kali ini, fokus permasalahan yang akan kami bahas adalah tentang Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Utama Mengapa Lamaran Kerja Yang Kita Masukan Sering Mengalami Penolakan? Lantas dari permasalahan tersebut, kami akan mencoba membantu menarik benang merahnya, dengan memberikan Solusi Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Utama Yang Menyebabkan Surat Lamaran Kerja Yang Kita Kirimkan Sering Mengalami Penolakan.

Sebagaimana kita ketahui, di era modern ini peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah berat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya mendapat pekerjaan dari waktu ke waktu.

Apa saja faktor yang menyebabkan sulitnya mencari pekerjaan dijaman modern seperti sekarang ini?


Jika berbicara mengenai faktor penyebab sulitnyanya mencari pekerjaan, tentu akan sangat banyak sekali alasan yang melatar belakanginya. Seperti :

  1. Jumlah lapangan kerja semakin sempit, sedangkan pencari kerja semakin banyak.
  2. Tingginya tingkat persaingan di era globalisasi seperti sekarang ini yang menyebabkan banyak orang berlomba-lomba untuk jadi yang terbaik.
  3. Ketersediaan lapangan kerja yang tidak dibarengi dengan kualitas SDM yang memadai, misalnya tingkat pendidikan masih rendah, kurang memiliki life skill, atau disiplin kerja yang masih kurang membudaya.
  4. Tinggi standar kualifikasi SDM yang ditetapkan oleh pencari kerja.
Namun meskipun begitu, sesulit apapun pada dasarnya setiap waktu lapangan kerja sebenarnya selalu akan ada dan tersedia. Tinggal bagaimana kita sebagai pencari kerja melihat peluang tersebut dan memperbaiki kesalahan yang mungkin jadi penyebab utama lamaran kerja sering mengalami penolakan.

Apa Sebenanarnya Penyebab Utama Lamaran Kerja Yang Kamu Buat Sering Mengalami Penolakan? Bagiaman Cara Mengatasinya?


Persyaratan yang dibutuhkan tidak dapat kamu penuhi seluruhnya


Pada umunya, dalam mengumumkan informasi lowongan kerja, setiap instansi atau perusahaan selalu menyertakan syarat-syarat yang sifatnya wajib untuk dipenuhi oleh setiap calon pelamar kerja yang jika ingin direkrut.

Sebagian pelamar kerja memang tidak bisa memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan tersebut, walaupun beberapa persyaratan tersebut sifatnya tidak terlalu penting dan wajib dipenuhi. Namun hal ini yang tampaknya keliru.

Mengapa demikian?

Pada kenyataannya pencari kerja akan menyeleksi setiap pelamar kerja yang masuk dan melamar pekerjaan. Dari sekian banyak yang melamar, maka akan diseleksi siapa yang terbaik dan pantas untuk diloloskan pada tahap selanjutnya.

Sebagai prioritas, tentu pelamar kerja yang mampu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan akan diterima dibandingkan pelamar kerja yang tidak mampu memenuhi beberapa persyaratan.

Solusi Mengatasinya : Usahakan untuk sebisa mungkin memenuhi semua persayarat yang dibutuhkan untuk lowongan pekerjaan yang ditetapkan. Jangan pernah menganggap remeh syarat yang terlihat kurang begitu penting, namun hal itu bisa menjadi pembeda antara kamu dengan pelamar lainnya.

Pengalaman kerja yang kamu miliki masih kurang


Bagi pencari kerja, seorang pelamar yang memiliki pengalaman kerja yang tinggi dan mumpuni merupakan prioritas utama yang mereka cari ketika membuka lowongan pekerjaan.

Apa sebabnya?

Seorang pekerja yang pernah bekerja dan memiliki jam terbang tinggi berupa pengalam kerja akan memiliki etos kerja dan pengetahuan yang mumpuni pada bidangnya. Sehingga perusahaan tempat bekerja tidak perlu memberikan pelatihan yang menyita banyak waktu.

Pelamar kerja yang memiliki pengalaman kerja yang banyak akan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru karena mereka sudah sangat terbiasa dengan pekerjaan tersebut dan tidak perlu belajar lagi dari nol.

Sebaliknya, merekrut orang yang minim pengalaman kerja akan lebih memberatkan bagi mereka karena harus memberikan pengarahan dan pelatihan dari nol. Ini yang menjadi poin pentingnya.

Solusi Mengatasinya : Usahakan kamu memiliki jam terbang (pengalaman kerja) yang tinggi sebelum berencana masuk untuk melamar pekerjaan pada bidang yang lebih tinggi dan berat. Tak masalah jika pengalaman itu didapat dari pekerjaan kecil, yang terpenting adalah rapor kamu cukup baik dan mumpuni pada bidang yang kamu lamar. Artinya adalah kamu dianggap memiliki cukup modal dasar ketika akan mereka rekrut.

Posisi jabatan kerja yang kamu lamar tidak sesuai (relevan) dengan kualifikasi yang kamu miliki


Sangat penting untuk menyesuaikan kualifikasi yang kamu miliki dengan posisi jabatan yang kamu incar, karena ini merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam upaya perekrutan pekerja baru.

Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya

Salah satu penyebab yang membuat lamaran kerja sering ditolak adalah posisi jabatan yang dilamar tidak sesuai (relevan) dengan kualifikasi yang dimiliki pelamat kerja.

Mengapa demikian?

Setiap pencari kerja tentu akan lebih memilih orang dengan kualifikasi yang tepat dan ahli pada bidangnya untuk sebuah pekerjaan yang mereka sediakan. Tujuannya adalah agar pekerjaan terebut bisa terselesaikan secara efektif dan efisien.

Seperti apakah kualifikasi yang sesuai (relevan) itu?

Kualifikasi yang sesuai (relevan) bisa berupa kualifikasi pendidikan yang dimiliki atau keterampilan yang dikuasai sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia. Ini menentukan cara kerja setiap orang pada bidang yang dugeluti. Misalnya : Perusahaan Otomotif tentu akan menprioritaskan pekerjanya memiliki kualifikasi akademik berupa Sarjana Teknik Otomotif atau paling tidak orang yang ahli pada bidang mesin dibandingkan Sarjana pendidikan.

Jika ketidak-relevanan ini dipaksakan, pada akhirnya perusahaan itu sendiri yang akan merugi. Hal ini sudah pasti sangat tidak diinginkan oleh perusahaan tersebut dan jauh-jauh hari sudah diantisipasi.

Solusi Mengatasinya : Sebisa mungkin cari lowongan kerja yang memang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Jika tidak, paling tidak kamu memiliki keterampilan pada bidang tersebut meskipun kualifikasi akademik tidak mendukung. Hal ini harus dibuktikan dengan pengalaman kerja.

Surat lamaran kerja yang kamu buat kurang meyakinkan


Banyak sekali orang-orang yang kurang memperhatikan bagaiman membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta dapat meyakinkan pencari kerja. Hal ini tampaknya sangatlah sepele, tetapi kenyataannya ini merupakan salah satu yang bisa menyebabkan lamaran kerja yang kamu masukan sering ditolak.

Surat lamaran kerja bukan dibuat secara sembarang, ada bagian-bagian penting yang harus kamu ketahui tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta meyakinkan.

REKOMENDASI ARTIKEL :


Tujuannya apa?

Agar kemungkinan kamu ditolak dalam melamar pekerjaan semakin kecil. 

Cara Mengatasinya : Buat surat lamaran kerjamu sebaik mungkin. Yakinkan mereka bahwa kamu adalah orang terbaik dan paling tepat untuk direkrut pada posisi tersebut. Jangan pernah membuat surat lamaran kerja secara sembarangan.

Kesimpulan


Setelah mengetahui hal-hal diatas, ada baiknya mulai sekarang untuk lebih belajar mengoreksi dan memperbaiki kesalahan yang memang tidak kita sadari sama sekali. Jika hal-hal diatas sudah dilakukan namun pekerjaan yang dinginkan tidak kunjung didapatkan, hal yang harus dilakukan adalah terus semangat dan selalu bekerja keras.

Tidak akan selamanya kamu akan selalu mendapat penolakan. Akan tiba waktunya dimana kamu akan memperoleh pekerjaan yang sangat kamu inginkan. Percayalah!

Demikian artikel mengenai Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu memberikan solusi. Jika ada ketidaksesuaian mohon dikoreksi. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Penyebab Utama Lamaran Kerja Sering Ditolak dan Solusi Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel