-->

5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja

5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja - Ada beberapa poin penting yang harus diketahui pelamar kerja sebelum membuat Surat Lamaran Kerja. Dengan mengetahui poin-poin penting tersebut, maka surat lamaran kerja yang kamu buat akan terlihat memiliki nilai lebih dibandingkan yang orang lain buat.

5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja
5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja

Sebelum membuat surat lamaran kerja, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, bagian-bagian apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja, bagaimana ciri-ciri surat lamaran kerja yang baik, dan apa saja yang harus dan tak harus ditulis dalam surat lamaran kerja.

Pada artikel ini, kami akan fokus mengulas masalah yang berkaitan dengan Hal Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, diharapkan surat lamaran kerja yang dibuat akan menjadi lebih baik dan menarik, serta memperbesar peluang kamu agar bisa lolos ke tahap selanjutnya dalam upaya mencari pekerjaan.

Lalu, hal-hal apa saja yang tak harus (jangan) kamu tulis dalam surat lamaran kerja?

Berikut Beberapa Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja :

Informasi Tidak Penting

Salah satu hal penting yang harus dihindari dalam membuat surat lamaran kerja adalah menuliskan informasi yang tidak penting, yang pada dasarnya tidak berhubungan sama sekali. Informasi yang masuk kategori tidak penting misalnya seperti menuliskan hobi, kegemaran, aktivitas sehari-hari kamu, atau hal-hal tidak penting lainnya.

Hal ini tidak akan menjadi nilai lebih untuk surat lamaran kerja kamu. Tulis surat lamaran kerja kamu dengan haya tulisan yang ringkas, padat dan jelas sesuai informasi yang mereka butuhkan saja.

Sesuatu Yang Tidak benar (Kebohongan)

Kadang ada sebagian orang yang ingin surat lamaran kerja yang mereka buat terlihat lebih 'wah' dibandingkan milik orang lain, atau bahkan untuk menutupi kekurangan yang mereka miliki. Salah satunya cara adalah dengan menuliskan informasi yang tidak benar (bohong).  Misalnya : pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki,

Menuliskan kebohongan atau informasi yang bersifat kebohongan justru akan membuat langkah kamu lebih susah untuk tahap selanjutnya. Kebohongan juga akan membawa beban hati bagi kamu jika nanti sudah bekerja. Selain itu berbohong juga merupakan perbuatan dosa yang tidak akan membawa berkah.

Sebailknya, buat surat lamaran kerja kamu apa adanya, sesuai bidang dan keahlian yang kamu kuasai. Sesuai data diri yang sebenarnya, dan sesuai pengalaman yang memang pernah kamu dapatkan pada pekerjaan sebelumnya.

Tulisan Yang Acak-Acakan (Tidak Rapi)

Hindari membuat surat lamaran kerja yang ditulis dengan tulisan yang acak-acakan alias tidak rapi. Surat lamaran kerja biasanya dibuat dengan diketik atau ditulis tangan. Cara apapun yang kamu pakai, kerapian tulisan menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Perhatikan format penulisan, penulisan ejaan, tata bahasa, hindari kesalahan penulisan, perhatikan susunan paragraf atau bagian-bagian surat kamu, buat dengan runtut dan mudah dipahami. Perhatikan juga ukuran huruf yang kamu buat, pastikan tulisan tersebut mudah dibaca.

Pengalaman Kerja Yang Tidak Relevan

Jangan menuliskan pengalaman kerja yang tidak relevan pada surat lamaran kerja yang kamu buat. Ini tidak akan menjadi nilai lebih bagi diri kamu. Menuliskan pengalaman kerja yang tidak relevan dan tidak berhubungan sama sekali dengan bidang yang ingin kamu masuki justru bisa membuat kamu terlihat bukan orang yang ahli pada bidang tersebut.

Sebaliknya, tuliskan pengalaman kerja yang memang pernah kamu kerjakan yang sesuai dengan bidang yang akan kamu masuki. Tak harus banyak, tetapi cukup menegaskan bahwa kamu memang orang yang tepat untuk direkrut pada bidang tersebut.

Informasi Pribadi (Rahasia)

Hal ini yang harus kamu hindari, jangan menulis dan mencantumkan informasi pribadi penting yang sifatnya sangat rahasia pada surat lamaran kerja yang kamu buat jika memang tidak dibutuhkan. Misalnya seperti nomor rekening, nomor PIN, atau informasi rahasia penting lainnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang semakin marak terjadi belakangan ini. Sebaliknya, tuliskan saja informasi yang memang sewajarnya ada pada surat lamaran kerja yang biasa dibuat.

BACA JUGA :



Demikian artikel mengenai 5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "5 Hal Yang Jangan Ditulis Dalam Surat Lamaran Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel