-->

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan artikel yang membahas tentang Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar. Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat untuk keperluan melamar pekerjaan pada sebuah instansi atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Salah satu syarat penting yang harus dilakukan oleh rekan pencari kerja (pelamar kerja) adalah menulis surat lamaran kerja yang merupakan syarat administrasi yang harus atau wajib ada. Surat lamaran kerja yang baik adalah surat lamaran kerja yang ditulis dengan memperhatikan kaidah-kaidah pembuatannya.

REKOMENDASI ARTIKEL :

Surat lamaran kerja tidak boleh ditulis secara sembarangan, tetapi harus ditulis dengan sebaik-baiknya dengan tujuan utama untuk lebih meyakinkan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk direkrut pada sebuah perusahaan/instansi.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Tips yang harus anda perhatikan sebelum menulis surat lamaran kerja antara lain sebagai berikut :
  1. Menggunakan bahasa resmi dan baku yang baik dan benar. Jika perusahaan/instansi yang ingin dilamar berasal dari dalam negeri, hendaknya ditulis dengan Bahasa Indonesia. Sedangkan jika perusahaan/instansi yang akan dilamar merupakan dari luar, sebaiknya ditulis dengan Bahasa Inggris. Yang tak kalah penting adalah memperhatikan kaidah bahasa dan penggunaan tanda baca yang benar.
  2. Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis dengan tulisan tangan sendiri dengan format tulisan yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan bolpoin berwarna hitam atau biru.
  3. Menyertakan bagian-bagian lengkap surat lamaran kerja, seperti tanggal pembuatan, tujuan surat, salam pembuka, sumber informasi lowongan kerja berasal, data diri, posisi yang diincar, kelengkapan berkas, penutup, dan nama lengkap disertai tanda tangan.
  4. Menyebutkan data-data diri yang dibutuhkan dengan sebenarnya, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat lengkap, kontak yang bisa dihubungi.
  5. Melampirkan kelengkapan berkas lamaran kerja sesuai persyaratan yang telah ditetapkan. Seperti : kartu identitas, pas photo, ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, pengalaman kerja, sampai sertifikat pengalaman kerja untuk lebih meyakinkan.

Untuk Contoh Format Surat Lamaran Kerja, anda bisa melihatnya pada artikel saya sebelumnya : Contoh Format Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Terbaru.

Demikian artikel mengenai Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel