-->

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar

Pada artikel berikut ini, kami akan membagikan tips mengenai Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar. Sebagai seorang pelajar, sering kali dihadapkan pada situasi dimana kamu tidak bisa masuk ke sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan berbagai macam alasan.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar
Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar

Beberapa alasan yang biasanya menjadi penyebab tidak masuk sekolah antara lain karena sakit, izin bepergian, ada acara keluarga, urusan keluarga, atau berbagai penyebab lain yang bisa membuat kamu tidak bisa hadir ke sekolah.

Sebagai sebuah instansi/lembaga resmi pemerintah dalam bidang pendidikan, tentu setiap sekolah memiliki peraturan yang mengharuskan siswanya untuk selalu hadir dan mengikuti kegiatan sekolah setiap hari, terkecuali pada saat libur atau tanggal merah.

Siswa yang tidak hadir ke sekolah tanpa ada kabar berita tentu akan dianggap membolos oleh sekolah. Tentu setiap siswa sangat tidak menginginkan hal ini terjadi karena hal ini merupakan sebuah kerugian.

Seorang siswa biasanya diharuskan untuk membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah jika memang berhalangan hadir ke sekolah karena berbagai macam alasan seperti yang disebutkan diatas. Untuk membuat sebuah surat izin tidak masuk sekolah, seorang siswa harus mengetahui bagaimana cara membuat surat tersebut dengan baik dan benar.

Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar? Berikut akan kami bagikan tipsnya.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum kamu membuat surat izin tidak masuk sekolah. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Surat dibuat karena memang karena berhalangan hadir ke sekolah karena berbagai alasan kuat, bukan dibuat dengan tujuan berbohong karena malas sekolah.
  2. Ditulis sendiri dengan tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca dengan menggunakan bolpoin warna hitam atau biru.
  3. Menggunakan bagian-bagian dalam format resmi penulisan surat, seperti tanggal pembuatan, tujuan surat,salam pembuka, isi surat, dan penutup.
  4. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi yang baku, sopan, dan sesuai ejaan, dalam hal ini Bahasa Indonesia.
  5. Menyertakan data diri siswa secara lengkap, misalnya nama siswa, kelas, atau jurusan.
  6. Menyertakan alasan kuat penyebab tidak masuk sekolah. Misalnya karena sakit, bepergian, acara keluarga, dan sebagainya.
  7. Ditanda tangani oleh siswa dan diketahui oleh orang tua / wali siswa.
  8. Dimasukkan ke dalam amplop tertutup.

Catatan :
  • Izin tidak masuk sekolah karena sakit lebih dari 3 (tiga) hari, biasanya wajib disertakan Surat Keterangan Sakit dari Dokter.
  • Untuk izin lain biasanya hanya untuk 1 (satu) hari. Jika lebih maka disarankan untuk meminta izin langsung ke pihak sekolah.

Untuk contoh suratnya, silakan baca selengkapnya pada artikel yang pernah diterbitkan sebelumnya, yakni : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lengkap.

Demikian artikel kami mengenai Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel