Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail
Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail - Pada artikel ini, kami akan berbagi Tutorial Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Gmail.com. Mengirin dan menerima pesan menggunakan email mungkin merupakan hal biasa dan mudah yang sering dilakukan banyak orang di jaman modern seperti sekarang ini.
Namun bagi sebagian kecil atau yang belum pernah menggunakan email sama sekali sebagai sarana berkirim pesan atau lainnya merupakan hal yang cukup sulit atau kurang dimengerti. Di jaman modern seperti sekarang ini, semua orang dituntut untuk menggunakan teknologi yang canggih agar lebih memudahkan pekerjaan.
Tak terkecuali dengan sistem pencarian kerja, sekarang semua serba online. Orang-orang bisa dengan mudah melamar kerja dan mengirimkan berkas lamaran kerjanya dengan menggunakan email yang dinilai bisa lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.
Lalu, bagaimana dengan rekan pencari kerja yang belum pernah mencoba mengirim lamaran kerja menggunakan email? Tentu ini menjadi pengalaman yang berbeda bagi mereka. Membuat surat lamaran kerja secara manual (tulis tangan) atau lewat email (online) memiliki perbedaan. Terutama dalam format penulisannya.
Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail
Syarat utama jika ingin mengirimkan lamaran kerja via email menggunakan email produk Google yakni gmail.com adalah harus memiliki akun email tersebut. Jika belum, kamu bisa membuatnya dengan sangat mudah. Tutorial membuat email di gmail.com bisa kamu temukan di pencarian.
Jika sudah mempunyai akun gmail, ada beberapa bagian-bagian penting yang harus diketahui jika ingin menulis surat lamaran via email tersebut. Bagian-bagian tersebut (lihat gambar diatas) antara lain :
Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail |
Tak terkecuali dengan sistem pencarian kerja, sekarang semua serba online. Orang-orang bisa dengan mudah melamar kerja dan mengirimkan berkas lamaran kerjanya dengan menggunakan email yang dinilai bisa lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.
Lalu, bagaimana dengan rekan pencari kerja yang belum pernah mencoba mengirim lamaran kerja menggunakan email? Tentu ini menjadi pengalaman yang berbeda bagi mereka. Membuat surat lamaran kerja secara manual (tulis tangan) atau lewat email (online) memiliki perbedaan. Terutama dalam format penulisannya.
Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail
Syarat utama jika ingin mengirimkan lamaran kerja via email menggunakan email produk Google yakni gmail.com adalah harus memiliki akun email tersebut. Jika belum, kamu bisa membuatnya dengan sangat mudah. Tutorial membuat email di gmail.com bisa kamu temukan di pencarian.
Gambar tampilan laman penulisan email gmail.com |
- Kepada (To) merupakan alamat tujuan email lamaran kerja akan dikirimkan. Misalnya : HRD@bukitjaya.co.id atau recruitmentsinarpersada@gmail.com.
- CC merupakan singkatan dari Carbon Copy. Maksudnya bisa berupa tembusan, artinya menyertakan seseorang dalam pembicaraan/email. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya.
- BCC merupakan singkatan dari Blind Carbon Copy. Sedikit berbeda dengan CC, Semua penerima yang dituliskan dibagian BCC tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima.
- Subjek (Subject) biasa digunakan untuk melihat judul atau kop atau gambaran awal dari sebuah surat. Pada email lamaran kerja, biasanya digunakan untuk menuliskan posisi/jabatan kerja yang akan dilamar.
Setelah mengetahui penjelasan mengenai bagian-bagian yang ada dalam menulis email, maka kita masuk langkah-langkah Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di bawah ini :
- Buka halaman email kamu di gmail.com
- Login dengan alamat email dan password akun gmail kamu.
- Pilih menu Tulis. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar diatas.
- Pada bagian Kepada, isi dengan alamat email tujuan lamaran kerja kamu akan dikirimkan.
- Pada bagian CC dan BCC biasanya dikosongkan saja jika tidak ada tembusan.
- Pada bagian Subjek, isi dengan posisi lowongan kerja yang ingin dilamar. Misalnya : customer cervice, marketing, atau lainnya.
- Pada bagian utama (penulisan), tuliskan isi surat lamaran kerja kamu secara lengkap.
- Terakhir jika sudah selesai dan dianggap benar, klik Kirim.
Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contohnya pada gambar yang ada di bawah ini :
Gambar tampilan email yang sudah ditulis |
Mudah bukan?
Demikian artikel kami mengenai Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email Di Gmail"
Post a Comment